Minggu, 16 Februari 2020

Sering Terlupakan, Laju Motor Berisik Gara-gara Oli Gardan Kering

Sehabis membaca artikel mengenai pertumbuhan jumlah sepeda motor di Indonesia, ternyata motor matik saat ini paling mendominasi jalanan di Indonesia. Mengutip tulisan dari beritagar.id, data yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) seperti ditulis go oto menyatakan, total distribusi motor skutik secara umum mencapai 2,2 juta unit dari keseluruhan distribusi motor yang mencapai 2,63 juta unit pada periode Januari-Mei 2018. Artinya menguasai 83,65 persen pasar. 

Contoh kecil di Jakarta, saat di lampu merah, kalau dilihat-lihat perbandingan antrian sepeda motor jenis matik lebih banyak ketimbang jenis bebek maupun sport. Menggunakan motor matik memamng lebih praktis, pengendara hanya perlu menarik gas saat ingin jalan dan menarik tuas rem saat ingin mengurangi kecepatan atau berhenti. Tidak perlu oper gigi, tidak perlu tarik tuas kopling seperti motor sport.


Namun kenyamanan motor matik tiba-tiba berkurang karena timbul suara bising saat motor dijalankan. Seperti kejadian pada Honda Scoopy FI 2013 punya teman saya. Suara bising semakin terdengar bila kecepatan motor semakin bertambahm suara tersebut sangat mengganggu kenyamanan dan terkesan seperti motor rursak.


Singkat cerita setelah diselidiki suara kasar berasal dari gardan, ketahuan setelah ban belakang diputar dengan tangan lalu terdengar suara gemuruh dan kasar. Untuk pengecekan pertama, saya coba keluarkan oli gardan, dengan membuka dua buah baut untuk lubang masuk dan keluar oli dengan kunci sok nomor 10. Dua buah baut itu sudah lepas, letakkan wadah di bawahnya untuk menampung oli bekasnya. 


baut 10 lubang oli gardan 
oli bekas gardan motor matik : sudah kotor dan encer seperti air
oli gardan matik bisa juga pakai oli mesin


Oli gardan sudah keluar, kondisinya sudah hitam pekat dan sangat encer, takarannya juga sudah berkurang karena menguap. Sepertinya oli gardan Honda Scoopy ini lama tidak pernah dicek. Mudah-mudahan gigi gardan atau gigi rasio yang ada di dalamnya tidak termakan, kalau sampai termakan, ganti oli gardan pun percuma. Karena gear rasio yang ada dalam gardan tersebut tidak presisi lagi akibat pelumasan yang tidak sempurna. 

Langsung saja saya isi oli baru untuk gardan Honda Scoopy tersebut. Takaran oli motor matik jenis Scoopy, Mio, Vario, dsb umumnya sekitar 120 ml, oli gardan dikemas dalam bentuk botol kecil dan bisa kita dapatkan di toko-toko onderdil motor. 

Karena di rumah lagi ga ada oli gardan motor matik, pakai oli mesin pun jadi. Banyak orang yang belum mengetahui mengenai oli mesin yang bisa juga dipakai untuk oli gardan. Kerja gear rasio pada gardan motor matik tidak begitu berat, gardan tersebut hanya menghubungkan putaran dari kampas ganda ke ban supaya motor bisa jalan. Begitu singkatnya. 

Saya gunakan oli mesin Fastron Techno 10w40 sebagai oli gardan Scoopy ini, saya masukkan ke dalam botol air mineral bekas yang tutupnya saya lubangi dan ditambahkan selang kecil untuk memasukan oli ke dalam gardan. Cukup 120 ml yang dituangkan ke dalam gardan, jangan kelebihan. 

Setelah oli gardan sudah diisi, saya cek lagi dengan memutar-mutar bannya, suara berisik dan gemuruh hilang. Biar lebih pasti lagi saya test jalan, akhirnya suara berisik dari gardan yang selama ini cukup mengganggu sudah hilang. Saat motor dijalankan sudah suara bising dari gardan sudah senyap hanya terdengar suara mesin. Untungnya gear gardan atau gear rasio masih terselamatkan. 

Dalam perawatan rutin sepeda motor matik, oli gardan jangan sampai lolos dari pengecekkan. Ganti oli gardan setiap 8000 km atau dua kali ganti oli mesin kemudian ganti oli gardan. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar